Tidak Lagi Perlu Antre, Begini Cara Membuat BPJS Kesehatan di Rumah Aja

 Tidak Lagi Perlu Antre, Begini Cara Membuat BPJS Kesehatan di Rumah Aja

Ilustrasi Kartu BPJS | Foto: dok. BPJS

Lampung – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) merupakan program jaminan sosial yang dikelola oleh pemerintah yang bertujuan untuk mewujudkan jaminan kesehatan berkualitas tinggi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Penyelenggaraan BPJS Kesehatan diwujudkan dengan rencana Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Dengan cara ini, pemerintah bisa menyediakan fasilitas kesehatan yang maksimal dan setara bagi seluruh warganya.

Masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Lampung sangat dianjurkan mendaftar program ini guna mendapatkan jaminan kesehatan sosial. Bukan hanya itu, dengan mendaftar program ini berarti juga kita menyukseskan program pemerintah dalam mewujudkan jaminan kesehatan yang berkualitas, maksimal, dan menyeluruh bagi masyarakat Indonesia. Mulanya, pendaftaran BPJS Kesehatan dilakukan secara langsung dengan mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Tetapi seiring perkembangan zaman, pendaftaran langsung dianggap kurang efektif karena cukup menghabiskan waktu yang lama ditambah dengan adanya antrian yang terus bertambah. Dengan demikian, BPJS Kesehatan kini dapat didaftarkan secara online dan dapat dilakukan di rumah saja.

Logo BPJS Kesehatan | Sumber : Instagram @bpjskesehatan_ri

Sebelum mengetahui cara mendaftar BPJS secara online, ada baiknya kita mengetahui data-data apa saja yang harus disiapkan untuk proses pendaftaran.

Kelengkapan data yang diperlukan :

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • NPWP
  • Nomor HP aktif
  • Buku Rekening Tabungan (BNI, BRI atau Mandiri)
  • Foto dengan ukuran maksimal 50 KB
  • Alamat e-mail aktif

Setelah mengetahui syarat serta data yang diperlukan, berikut ini beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mendaftar BPJS secara online.

Tata cara mendaftar BPJS online terbaru :

  1. Kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan di daftar.bpjs-kesehatan.go.id atau dapat melalui aplikasi Mobile JKN yang ada di play store.
  2. Tulis Nomor Kartu Keluarga (KK), dan masukkan kode captcha sesuai gambar yang muncul.
  3. Klik inquery kartu keluarga dan akan muncul daftar anggota keluarga, setelah itu klik “Proses Selanjutnya”.
  4. Isi data yang dibutuhkan di form isian data peserta seperti nomor NPWP, Kelurahan/Desa, nomor HP aktif, dan alamat lengkap tempat tinggal.
  5. Pilih Fasilitas Kesehatan (Faskes) Tingkat I yang dicari melalui tombol pencarian. Hal ini penting karena merupakan tempat pertama yang menjadi rujukan ke Faskes yang dipilih, dapat berupa puskesmas, dokter pribadi, atau klinik.
  6. Upload foto maksimal 50 kb, kemudian klik Proses Selanjutnya.
  7. Lengkapi formulir (Pilih kelas perawatan, masukkan nomor rekening bank yang dimiliki dan nama pemiliknya, nomor HP, alamat e-mail, konfirmasi alamat email dan captcha, kemudian klik Kirim E-mail.
  8. Buka e-mail untuk melakukan verifikasi. Jika tidak menemukan e-mail masuk, dapat memerika folder spam.
  9. Klik URL aktivasi pada e-mail dan Anda akan mendapatkan nomor VA (virtual account).
  10. Pada tahap ini proses online sudah selesai, kalian diminta melakukan pembayaran ke bank.
  11. Tombol e-ID sudah dapat di download setelah melakukan pembayaran.
Baca Juga  Syarat dan Cara Buat/Perpanjang SKCK di Polresta Bandar Lampung

Setelah selesai melakukan semua tahapan, maka langkah selanjutnya hanyalah mengambil kartu fisik BPJS di kantor BPJS terdekat tempat tinggalmu. Mudah bukan? sekarang, masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Lampung sudah bisa menikmati berbagai macam fasilitas kesehatan dari BPJS.

Colaborator

Penulis Artikel: Ratih Purwaningsih

Editor: M Adita Putra

Ratih Purwaningsih

Ratih Purwaningsih

http://Ratihpurwaningsih

When everything goes right, go write.

Artikel menarik lainnya

Leave a Comment

Login Area

Selamat datang Kontributor Lampung Geh! Silakan Login untuk mulai menulis berita.