Taman Wisata Duta GS: Rekreasi Alam Dilengkapi Kuliner Lezat Andalan Bandar Lampung

 Taman Wisata Duta GS: Rekreasi Alam Dilengkapi Kuliner Lezat Andalan Bandar Lampung

Gapura Taman Wisata Alam Duta GS dihias oleh ornamen siger khas Lampung | Foto : M. Abid Rabbani/Lampung Geh

Bandar Lampung – Tinggal di sekitar kota tampaknya sudah menjadi hal lumrah dengan aktivitas keseharian yang padat dan ada kalanya saat hari libur tiba ingin melepas penat untuk merefresh diri. Kini tidak perlu jauh-jauh untuk mengunjungi destinasi wisata alam, karena di dekat Kota Bandar Lampung telah hadir wisata bernuansa alam yang masih asri yakni Taman Wisata Duta GS. Objek wisata yang satu ini menawarkan berbagai aktivitas, fasilitas dan wahana yang lengkap dengan view pemandangan kota dari atas ketinggian. Tepat lokasinya berada di Jalan Batu Kalam, Kelurahan Sumberejo Sejahtera, Kecamatan Langkapura, Kota Bandar Lampung. Dari pusat Kota Bandar Lampung berjarak 7,2 km dengan waktu tempuh sekitar 16 menit untuk bisa sampai ke lokasi.

Wisata berkonsep alam ini sudah dibuka sejak awal tahun 2019, tepatnya pada bulan Januari hingga sekarang masih tetap beroperasi. Pengelolaan wisata ini dimaksimalkan oleh Bapak Agus Sriwiyanto beserta keluarga sebagai pilihan tempat dalam berwisata serta kulineran. Memiliki lahan seluas sekitar 1 hektare, di sini pengunjung bisa sepuasanya mengekspor dan menikmati setiap sudut spot bersama keluarga, teman dan pacar. Awal dinamakannya “Duta GS” ialah menyimpan memori di belakangnya, terkait nama Duta sendiri diambil dari nama anak bungsu sang pemilik wisata sedangkan GS merupakan singkatan dari Gunung Sukar diambil dari nama bapak mertua dari sang pemilik juga sebagai pengenang beliau. Akhirnya disepakati nama “Duta GS” karena kedua nama tersebut memiliki histori tersendiri.

Terkait biaya tiket masuk dikenakan Rp 10.000 per orang sedangkan bagi anak-anak tidak dikenakan tarif (gratis). Untuk jam operasionalnya buka setiap hari mulai pukul 10.00-17.30 WIB. Di lokasi sudah tersedia fasilitas berupa loket pembayaran, mushola, toilet, aula, pondokan/saung, dan panggung music. Kemudian beranjak ke bagian aktivitas, objek wisata ini bisa dilakukannya sebagai tempat berbagai acara seperti family gathering, camping, outbound, seminar dan lain sebagainya. Selanjutnya di bagian wahana terdapat bermacam-macam spot foto, taman bermain, dan area bersantai. Lokasi area parkir kendaraan tepat berada di depan gapura pintu masuk, dan sudah ada petugas yang menjaga kendaraan tersebut dengan biaya parkir kendaraan dikenakan tarif sebesar Rp 3.000 per motor dan Rp 5.000 per mobil. Ketika sudah di area dalam destinasi tidak ada biaya tambahan lagi saat pengunjung menikmati seluruh fasilitas dan wahana yang ada. Jadi, hanya perlu membayar tiket masuk saja kalian bisa sepuasnya berada di lokasi yang nyaman dan tentunya menyenangkan.

Hal menarik saat berada di lokasi ini yakni beragam spot foto unik dan kreatif dipajang oleh pihak pengelola agar pengunjug bisa berswafoto. Uniknya lagi bahan yang digunakan berasal dari bahan-bahan bekas yang kemudian didaur ulang menjadi aneka spot foto seperti gunung ban warna-warni, kupu-kupu, love dan aneka bentuk lainnya. Kreativitas ini muncul dari pihak keluarga yang bersama-sama ingin mengembangkan destinasi Duta GS menjadi tempat wisata pilihan bagi masyarakat Lampung ke depannya. Dengan menyediakan spot foto ini pengunjung bisa mendokumentasikan hasil berwisata mereka ke media sosial yang mana bentuk ini merupakan upaya dalam bidang promosi wisata Duta GS agar bisa dikenal banyak orang nantinya.

Sisi utama dari lokasi wisata ini berupa ragam kuliner yang ditawarkan kepada pengunjung, terlebih lagi di sini menyediakan tempat makan yang nyaman dan memuaskan pastinya. Dengan kategori tempat makan berupa pondokan berjumlah 5 dan 10 saung. Beragam kuliner disajikan di Duta GS beberapa menunya yaitu bakso ikan, soto ayam, batagor, gurame pecah/bakar, ayam geprek/goreng/bakar/rempah dan masih banyak lagi yang lainnya. Makanan andalan yang banyak diminati oleh pengunjung ialah ayam rempah, alasannya sendiri karena pengerjannya lebih mudah dan rasanya enak tidak ada tandingannya.

081278734656 (Ibu Sunarti)
@dutagslampung

Jalan Batu Kalam, Kelurahan Sumberejo Sejahtera, Kecamatan Langkapura, Kota Bandar Lampung.

Baca Juga  Paddy Cafe Pringsewu, Asiknya Nge-Grill Skylight di Tepi Sawah
Daya tarik wisata berupa kulineran, rekreasi, spot foto, dan wahana bermain anak
Fasilitas, sarana dan prasarana lengkap dan sudah memadai
Rekomendasi wisata keluarga yang nyaman dan asyik
Suasana alam sekitar yang masih asri dan terjagapan dan pembelian kuda
Bisa dijadikan venue berbagai macam acara 

Colaborator

Penulis Artikel: M. Abid Rabbani

Editor: Ratih Purwaningsih

M. Abid Rabbani

M. Abid Rabbani

“ Pemuda yang menuju kemajuan dan kesuksesan ". Follow Instagram saya : @abid_rabbani28 (Galeri Travelling). Kepoin Wisata Provinsi Lampung di Youtube Channel : ABID TRAVELLER

Artikel menarik lainnya

Login Area

Selamat datang Kontributor Lampung Geh! Silakan Login untuk mulai menulis berita.