Nasi Tempong Mak Ela: Nyobain Makanan Khas Banyuwangi di Lampung

 Nasi Tempong Mak Ela: Nyobain Makanan Khas Banyuwangi di Lampung

Tampak depan Rumah Makan Nasi Tempong Mak Ela by Nuju Grup. | Foto: Bella Sardio/ Lampung Geh

Bandar Lampung – Nasi Tempong Mak Ela merupakan makanan khas Banyuwangi yang kini hadir di tengah pusat kota di Provinsi Lampung.

Lokasi restoran ini ada di Jalan Jendral Sudirman No.75 A, Tanjung Raya, Kecamatan Kedamaian, Kota Bandar Lampung Menurut Savira, bagian marketing dari Nasi Tempong Mak Ela bahwa ini merupakan gerai keempat dari Nuju Grup.

Nasi Tempong Mak Ela: Nyobain Makanan Khas Banyuwangi di Lampung (1)
Rumah Makan Nasi Tempong Mak Ela by Nuju Grup. | Foto: Bella Sardio/ Lampung Geh

Lokasi pertama ada Nuju di jalan Sudirman, Singosari, Kedaton, dan keempat inilah terbentuk Nasi Tempong Mak Ela ini. Nasi tempong Mak Ela khas Banyuwangi ini terinsipirasi dari kuliner-kuliner berbagai daerah. Menurutnya, Sang Owner terinspirasi kuliner luar kota.

Sang Owner sering traveling dan ingin membuka usaha nasi tempong sekaligus merasakannya. Disinggung asal mula nama Mak Ela pada gerai ini, Savira belum bisa menjelaskan. Ia mengatakan ini akan menjadi kejutan bagi pelanggan maupun semua pihak.

Bahkan, karyawan di sini pun belum ada yang tahu kenapa dinamai Mak Ela di Rumah Makan Nasi Tempong ini. Namun, nantinya akan diberitahukan alasan tersebut tapi saat ini masih dirahasiakan. Gerai makanan yang baru dibuka satu bulan ini memiliki ciri khas yang berbeda daripada yang lain.

Yang menjadi ciri khas di gerai makan ini ialah Nasi jeruk. Nasi jeruk menjadi ciri khas untuk Nasi Tempong Mak Ela ini. Sebab, adanya Nasi Jeruk menu makanan menjadi lebih berbeda dengan nasi yang lain karena cenderung ke pecel lele.

Nasi jeruk ini merupakan nasi yang ada daun jeruk dan sudah lembut. Daun jeruk tersebut menyatu dengan nasi, tapi tidak dominan hanya saja ada rasa dan aroma jeruknya. Selain itu, menu sambal di Nasi Tempong Mak Ela ini ada dua macam. Dimana keduanya sangat diminati para pelanggan gerai ini. Pilihannya ada sambal Abah dan sambal Mak Ela. Kalau Sambel Abah warna hijau dari cabai hijau. Sedangkan, Sambel Mak Ela sambel merah menggunakan cabai warna merah.

Baca Juga  Curup Pancuran Emas, Lampung Selatan: Wisata Air Terjun Dilengkapi Kolam Renang hingga Area Satwa

Kemudian, masing-masing menu per paketnya antara lain: Nasi tempong biasa seharga Rp 15 ribu, Nasi Tempong Lele seharga Rp 15 ribu, Nasi Tempong Ayam seharga Rp 20 ribu, Nasi Tempong Ayam Kampung seharga Rp 26 ribu, Nasi Tempong Bebek seharga Rp 36 ribu, Nasi Tempong Cumi seharga Rp 21 ribu, Nasi tempong udang seharga Rp 22 ribu.Tersedia juga paket tambahan lauk-pauk dan sayur-mayur serta pilihan nasi putih atau pun nasi jeruk.

Terkait tempat makan gerai ini, pengunjung bisa memilih tempat sesuai keinginan. Dari ruang ber-AC maupun langsung bertemu udara dari alam. Bisa memilih duduk di kursi ataupun lesehan. Tempat yang luas dengan berbagai fasilitas hingga protokol kesehatan tersedia di Nasi Tempong Mak Ela dari Nuju Grup.

Informasi tambahan pada Rumah Makan Nasi Tempong Mak Ela, pengunjung bisa memesan tempat jika khawatir tidak kebagian tempat pada saat jam makan siang ataupun makan malam. Di tempat ini tidak dipatok dengan pemesanan berapa menu, semua bergantung pemesanan dari pengunjung sendiri untuk memesan tempat. Pemesanan tempat maupun informasi tentang Nasi Tempong Mak Ela bisa mengunjungi Instagram resmi di @nasitempongmakela atau nomor resmi Rumah Makan tersebut di 081368413969.

@nasitempongmakela
081368413969

Jalan Jendral Sudirman No.75 A, Tanjung Raya, Kecamatan Kedamaian, Kota Bandar Lampung

Tempat rekomendasi kuliner
Lokasi mudah dijangkau
Menu makanan dan minuman yang menarik dan terjangkau
Merupakan gerai keempat dari Nuju Group  

Colaborator

Penulis Artikel: Lampung Geh!

Editor: Ratih Purwaningsih

Lampung Geh!

Lampung Geh!

http://lampuung.com

Media online punya masyarakat Lampung.

Artikel menarik lainnya

Login Area

Selamat datang Kontributor Lampung Geh! Silakan Login untuk mulai menulis berita.