Menikmati Sop Betawi Bang Doel: Kuliner Khas Betawi yang Hadir di Lampung Timur

 Menikmati Sop Betawi Bang Doel: Kuliner Khas Betawi yang Hadir di Lampung Timur

Kedai Sop Betawi Bang Doel | Foto : M Danil Prayoga

Lampung Timur – Sop Betawi Bang Doel yang sudah berdiri selama 13 tahun sejak April 2008 menawarkan sop kambing dengan ciri khas masakan Betawi. Berletak di Jalan Lintas Sumatera tepat di depan Kantor Bupati Lampung Timur, tempat makan ini menyajikan sop daging kambing dengan bumbu rempah rempah masakan Betawi.

Tidak hanya olahan daging kambing, Sop Betawi Bang Doel juga menggunakan olahan daging sapi dan daging ayam. Terdapat beberapa varian menu yang ditawarkan di tempat ini seperti sop kaki kambing, sop kaki sapi, sop ayam kampung, iga bakar, ikan bakar, ayam bakar, pecel bebek, pecel lele dan pecel ayam. Untuk minuman sendiri tidak banyak yang ditawarkan. Terdapat 2 varian minuman seperti es jeruk dan es teh manis.

Yang menjadi ciri khas dari Sop Betawi Bang Doel terdapat di kuahnya. Dengan menggunakan full cream dengan campuran rempah asli seperti kayu manis, daun pandan, bawang merah dan emping. Untuk dagingnya sendiri selain dari daging pada umumnya, sop betawi ini menggunakan daging iga, lidah dan daging pipi.

Meskipun menggunakan menu Betawi, Sop Betawi Bang Doel juga menggunakan sambal ciri khas Lampung seperti sambal terasi dan lalapan. Tidak hanya masyarakat sekitar Sukadana, pelanggan dari tempat makan ini bahkan ada yang dari luar daerah seperti Lampung Tengah, Mesuji bahkan Palembang yang mampir dari perjalanan untuk makan di sini.

Baca Juga  Nikmatnya Makan Bakso Klenger BDL, Alternatif yang Recommended Buat Pecinta Bakso

Abdullah yang biasa di sapa Bang Doel menerangkan, untuk tempat makannya sendiri ke depan akan dibangun rumah makan yang tidak jauh dari tepat makan kaki limanya. Beliau menjelaskan ingin memberikan kenyaman serta menambah beberapa vairan menu seperti pindang dan makan laut seperti udang dan cumi. Selain itu juga Bang Doel ingin menambah beberapa varian minuman seperti blue ocean, beberapa vairan jus dan es teler (es sanghai).

Sop Betawi yang buka setiap hari ini mulai sore pukul 15.00 WIB tutup sampai 23.30 WIB. Untuk harga yang ditawarkan cukup bersahabat dengan harga kaki lima. Untuk sop sendiri mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 40.000.

0813 6879 1584 ( Bang Doel)

Jl. Raya Lintas Pantai Timur Sumatera 16, Sukadana Ilir, Sukadana, Kabupaten Lampung Timur

Masakan dengan menu betawi
Beberapa olahan makanan berat dengan menu daging sapi, kambing, ayam, bebek dan ikan
Terletak di jalan lintas mudah ditemukan

Colaborator

Penulis Artikel: M Danil Prayoga

Editor: Ratih Purwaningsih

M Danil Prayoga

M Danil Prayoga

never surender

Artikel menarik lainnya

Leave a Comment

Login Area

Selamat datang Kontributor Lampung Geh! Silakan Login untuk mulai menulis berita.