Mengenal Keunikan dan Historisitas Patung-patung di Sukadana, Lampung Timur

 Mengenal Keunikan dan Historisitas Patung-patung di Sukadana, Lampung Timur

Patung KH Achmad Hanafiah Masputra | Foto : M Danil Prayoga

Lampung Timur – Sukadana adalah Ibu Kota Kabupaten Lampung Timur yang dibentuk pada tanggal 20 April 1999 dan diresmikan sebagai pusat pemerintahan pada tanggal 27 April 1999. Sukadana sendiri selain sebagai pusat pemerintahan Kabupaten, memiliki keunikan di balik tiga patung tokoh kemerdekaan dan satu Patung yang menjadi maskot kebanggaan masyarakat Lampung Timur.

Patung merupakan benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Patung-patung yang ada di Sukadana memiliki kisah di balik dibangunnya bangunan tersebut. Ada yang dibuat untuk mengenang jasa dari seorang tokoh pahlawan dan dibuat menjadi simbol suatu ikon maskot kembanggaan masyarakat di daerahnya.

Berikut beberapa patung yang ada di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur yang bisa dikunjungi untuk mengabadikan moment berfoto:

1.  Patung Kolonel Arifin RI

Patung Kolonel Arifin RI | Foto : M Danil Prayoga

Kolonel Arifin RI adalah salah satu tokoh kemerdekaan yang ada di Sukadana yang didedikasikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur. Untuk mengenang jasa beliau pemerintah daerah membuat sebuah patung yang terletak di Desa Pasar Sukadana. Dikarnakan patung yang berletak di dekat pusat perbelanjaan di Sukadana, masyarakat Sukadana ramai mengunjungi sore hari sembari menikmati senja di tengah kota. Lalu lintas yang ramai di sore hari menghiasi jalan dimana letak patung ini berada dengan beberapa pedagang kaki lima yang mangkal dari pagi hingga sore hari.

2. Patung Letnan Adnan Sanjaya

Patung Letnan Adnan Sanjaya | Foto : M Danil Prayoga

Patung yang satu ini terletak di perbatasan antara Kecamatan Sukadana dan Kecamatan Bumi Agung Lampung Timur tepatnya di Desa Nyampir. Dibangun di pertigaan Jalan Lintas Sumatera, patung yang satu ini terlihat kokoh berdiri dengan gagah sembari membawa senjata laras panjang. Jika yang melalui jalan Lintas Timur dari arah Bakauheni menuju lampu merah Sukadana, pasti akan melihat gagahnya patung yang terletak di sebelah kiri tepat di pertigaan jalan.

Baca Juga  Pura Giri Sutra Mandala, Pringsewu: Warisan Budaya yang Terjunjung di Atas Bukit

3. Patung KH Achmad Hanafiah Masputra

Patung KH Achmad Hanafiah Masputra | Foto : M Danil Prayoga

KH Achmad Hanafiah Masputra merupakan seorang ulama asal Lampung yang gugur saat berjuang. Atas berkat jasanya, beliau diabadikan di sebuah patung yang terletak di pertigaan Lintas Banding Desa Sukadana Jaya pada tahun 2015. Selain itu juga beliau selama hidupnya memiliki banyak pengalaman , seperti menjadi ketua Partai Masyumi dan pimpinan Laskar Hizbullah Kewedanan Sukadana. Selain itu, ia pernah menjadi anggota DPR Karesidnan Lampung pada tahun 1946-1947 dan wakil kepala merangkap kepala bagian Islam pada kantor Jawatan Agama Karesidenan Lampung sejak awal 1947.

4. Patung Badak Sumatera

Patung Badak Sumatera | Foto : M Danil Prayoga

Badak Sumatra merupakan hewan endemik Taman Nasional Way Kambas yang terletak di Lampung Timur. Patung ini sendiri menjadi salah satu ikon kebanggan masyarakat Lampung Timur. Terletak di tempat yang strategis tepat di lapangan depan kantor Bupati Lampung Timur, tugu badak  sumatera menjadi primadona masyarakat yang melintasi di depannya. Pada malam hari signage Badak Sumatera akan menyala dan memberikan kesan indah pada saat gelap menerangi sekitar area lapangan depan kantor bupati.

Patung Badak Sumatera pada malam hari | Foto : M Danil Prayoga

Itulah tadi beberapa monumen yang bisa dikunjungi masyarakat Daerah Lampung Timur khususnya Sukadana maupun di luar daerah. Bagi yang ingin menuju beberapa patung tersebut dapat dikunjungi secara gratis. Pesan dari beberapa masyarakat di lingkungan patung tersebut dimohon untuk tidak merusak atau mencoret-coret fasilitas yang sudah ada agar tetap terjaga keasriannya.

Colaborator

Penulis Artikel: M Danil Prayoga

Editor: Ratih Purwaningsih

M Danil Prayoga

M Danil Prayoga

never surender

Artikel menarik lainnya

Login Area

Selamat datang Kontributor Lampung Geh! Silakan Login untuk mulai menulis berita.