Mengenal Alfian Rowiyan, Pemuda yang Berhasil Wakili Lampung di Ajang Indonesian eFootball Cup

 Mengenal Alfian Rowiyan, Pemuda yang Berhasil Wakili Lampung di Ajang Indonesian eFootball Cup

Alfian R. Putra, Pemuda Asal Lampung yang mewakili Lampung di ajang Indonesia eFootball Cup | Sumber Instagram @badaklampungfc

Lampung – Persepakbolaan di Indonesia khususnya di Lampung kini sudah menjadi hal yang sangat perlu diapresiasi. Olahraga yang beranggotakan 11 orang setiap timnya ini menjadi wadah yang bisa mengembangkan serta mengharumkan nama daerah di setiap provinsinya, begitu pun di Provinsi Lampung.

Salah satu pemuda asal Lampung yang berhasil mengharumkan nama Lampung lewat olahraga kegemarannya yaitu sepak bola. Bernama lengkap Muhammad Mahfud Qurani Alfiyan Rowiyan Putra atau yang akrap disapa Alfian, pemuda asal Lampung yang lahir pada tanggal 6 September 1997 berhasil mengikuti turnamen bergengsi yaitu Indonesia eFootbal Cup dan meraih 4 besar di Open Tournament Pes Competition Badak Lampung FC.

Biodata Alfian R. Putra | Sumber: Instagram @ifel.id

Sekilas Tentang Indonesian eFootball Cup

Indonesian eFootball Cup adalah turnamen Pramusim yang diselenggarakan oleh IFEL (Indonesian Football e-League) yaitu sebuah wadah esports yang khusus menyelenggarakan kompetisi sepak bola yang ada di Indonesia secara virtual. Untuk yang diperlombakan sendiri yaitu PES 2021 (Pro Evolution Soccer)  keluaran Konami. Kegiatan Indonesian eFootball Cup yang lalu diadakan di Jakarta pada tanggal 1-23 Mei 2021. Kegiatan ini bisa disaksikan di platform sosial media resmi IFEL.

Indonesian eFootball Cup diselenggarakan khusus bagi tim sepak bola yang tergabung dalam Liga 2 Indonesia. Adapun turnamen tersebut diikuti oleh 12 tim sepak bola dari Liga 2 Indonesia yakni SULUT UNITED, PERSIBA BALIKPAPAN, PERSIS SOLO, PSIM YOGYAKARTA, PSG PATI, PERSIJAP JEPARA, PERSEKAT TEGAL, DEWA UNITED, PERSERANG SERANG, KS TIGA NAGA, SEMEN PADANG FC, dan, BADAK LAMPUNG FC. Adapun setiap tim diwakili oleh Profesional Player yang telah melalui seleksi di timnya masing-masing.

Untuk Badak Lampung FC sendiri diwakili oleh Alfian Rowiyan yang merupakan peraih 4 besar di Open Tournament Pes Competition Badak Lampung FC. Untuk juara 1 pada Open Tournament Pes Competition Badak Lampung FC diraih oleh Pro Player asal Lampung juga yakni Doni Pratama Sakti yang akan berlaga di Indonesian Football e-League yang akan diselenggarakan pada 5 Juni hingga 25 Juli 2021.

Perjalanan Alfian Mengikuti Indonesian eFootball Cup

Pada awalnya Alfian mendapat informasi dari grup WA Komunitas Pes Lampung bahwa Badak Lampung FC mengadakan Open Tournament Pes Competition dengan total hadiah Rp 5 Juta Rupiah. Kemudian, Ia memberanikan diri untuk mengikuti kompetisi tersebut yang diadakan di Bandar Lampung pada 27-28 Maret 2021. Kompetisi tersebut diikuti oleh 50 pemain yang berasal dari berbagai daerah di Lampung. Adapun yang keluar sebagai juara pada kompetisi tersebut adalah Doni Pratama Sakti yang berasal dari Kotabumi, Lampung Utara, dan Alfian 4 besar berasal dari Bandar Lampung. Ia juga tidak tahu kalau Turnamen BLFC tersebut sekaligus untuk menyeleksi pemain yang nantinya akan berlaga di turnamen IFEL di Jakarta

Ada 2 rangkaian kompetisi, yang pertama yaitu Indonesian eFootball Cup atau Pramusim, yang kedua yaitu Indonesian Football e-League. Sebetulnya bisa saja kedua kompetisi tersebut diikuti oleh Doni sekaligus, akan tetapi Doni selaku Pro Player senior asal Lampung memberikan kesempatan kepada generasi penerus untuk menggali ilmu serta pengalaman di ajang pramusim, dan kesempatan tersebut diberikan kepada Alfian.

Baca Juga  Sarung Manggung: Kembangkan Potensi Desa Wisata Lewat Pasar Rakyat

Selain itu, Alfian juga berhasil menjuarai beberapa turnamen di antaranya:

  • Runner up tournament Pes 2020 Kalianda esport Season II Lampung.
  • Juara 1 & 3 tournament Pes 2020 Kalianda esport season III, Lampung.
  • 4 Besar Badak Lampung FC Open Tournament pes 2021.
  • Juara 3 Open Tournament Pes 2021 Kopi Decinta & DJ.Kingsofficial, Bandar Lampung.

Ia mengatakan sangat bersyukur bisa mengikuti ajang Pramusim tersebut, karena ini merupakan pengalaman pertamanya mengikuti kejuaraan esports PES di ajang Nasional bisa bertemu dengan kawan-kawan hebat yang notabene sudah bermain dengan jam terbang tinggi baik di kancah Nasional maupun Internasional.

Ia juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukungnya dan BLFC di ajang Indonesian efootball Cup tersebut, sekaligus permohonan maafnya karena belum bisa memberikan hasil yang maksimal. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada manajemen BLFC atas kesempatan yang diberikan kepadanya juga terkhusus kepada Bung Doni beserta tim esports CP-X9 Lampung, Komunitas Pes Lampung, dan seluruh supporter BLFC di manapun berada. Harapannya semoga dengan diwakilinya BLFC oleh dua putra daerah bisa menjadi semacam motivasi bagi para player yang ada di Lampung untuk terus mengasah kemampuan sehingga bisa berprestasi dan membanggakan nama Lampung baik di kancah Nasional maupun Intenasional.

Colaborator

Penulis Artikel: Ratih Purwaningsih

Editor: M Adita Putra

Ratih Purwaningsih

Ratih Purwaningsih

http://Ratihpurwaningsih

When everything goes right, go write.

Artikel menarik lainnya

Leave a Comment

Login Area

Selamat datang Kontributor Lampung Geh! Silakan Login untuk mulai menulis berita.