Kampung Kuda Lampung Selatan: Asyiknya Berwisata Sekaligus Olahraga Berkuda

 Kampung Kuda Lampung Selatan: Asyiknya Berwisata Sekaligus Olahraga Berkuda

Spot foto di Kampung Kuda berupa aksesoris bambu berbentuk love dibalut spanduk | Foto : M. Abid Rabbani/Lampung Geh

Lampung Selatan – Hadirnya tempat rekreasi dengan menawarkan kegiatan wisata sambil olahraga merupakan hal yang diburu saat ini di masa pandemi. Karena sejatinya kita harus selalu menjaga kesehatan serta merefresh otak dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Tepat sekali, Kampung Kuda menawarkan paket kegiatan berupa wisata sambil olahraga berkuda. Lokasinya berada di Desa Gedung Agung, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Dari pusat Kota Bandar Lampung berjarak 23 KM dengan waktu tempuh sekitar 41 menit untuk bisa sampai ke lokasi. Pembukaannya sendiri pada 21 Juni 2020, bermula dari Mas Bayu (Owner Kampung Kuda) yang memiliki cita-cita dari kecil ingin mempunyai kuda sendiri akhirnya beliau dapat merealisasikan keinginannya tersebut dengan membuka lahan usaha olahraga dan wisata bernama Kampung Kuda.

Nama dari lokasi wisata ini tidak serta-merta hanya sebuah nama tetapi ada makna yang terkandung yaitu “Kampung Kuda” yang artinya memasyarakatkan olaharaga berkuda. Alasanya juga karena memang lokasi sekitar berupa potensi pertanian dengan keseluruhan masyarakatnya mempunyai sapi/kambing, jadi dengan adanya pencetus dari Kampung Kuda sendiri akan mengenalkan ke masyarakat untuk dapat ke depannya memelihara serta mengetahui keuntungan dan manfaatnya. Ada beberapa paket yang ditawarkan kepada pengunjung untuk melakukan kegiatan berkuda yaitu sebesar Rp 10.000 per orang dengan kategori (dewasa/anak-anak) biaya bermain kuda dalam satu putaran, kemudian ada paket andong keliling kampung sekitar dikenakan tarif Rp 30.000 per orang dan yang terakhir paket les privat berkuda sebesar Rp 400.000 (4 kali pertemuan). Pengunjung tidak perlu khawatir, di sini juga sudah tersedia pemandu kuda yang akan melakukan pengawasan dan edukasi saat berkuda. Terlebih lagi tentunya sudah gratis tanpa biaya tambahan lagi bagi pemandu dan aksesoris berkuda berupa topi koboi. Jam operasionalnya buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Total luas lahan di Kampung Kuda mencapai 1,4 hektare yaitu sudah termasuk lintasan, kandang dan area terpakai. Di lokasi terdapat empat ekor kuda yakni totalnya 2 jantan dan 2 betina masing-masing kuda tersebut memiliki nama dan umur yang bervariasi yakni Madu (5 tahun), Senja (6/7 tahun), Alward (3,5 tahun) dan Lizas (7 tahun). Kampung Kuda juga menyediakan jasa penitipan hewan kuda jika memang orang tersebut belum mempunyai lahan serta kalau pengunjung berminat dengan kuda tersebut bisa saja membelinya. Selain menjadi lokasi rekreasi dan olahraga yang spesial tentu edukasinya tentang berkuda itu sendiri yaitu pembelajaran olahraga berkuda dan perawatan kuda memang menjadi nilai plus di sini.

Hal unik adanya atraksi andong dilakukan rutin setiap sore yang dilakukan oleh karyawan Kampung Kuda dengan menawarkan masyarakat sekitar kampung untuk menggunakan jasa tersebut untuk berkeliling. Terkait fasilitas yang terdapat di sini sudah tergolong baik berupa parkir kendaraan, toilet, dan gazebo. Semua fasilitas yang ada di sana bisa dipakai pengunjung tanpa merogoh kocek kembali (gratis) dan bisa digunakan sepuasnya selama masih berwisata. Ditambah lagi suasana alam sekitar yang masih alami dan asri serta banyak pepohonan pada area parkir kendaraan membuat pengunjung juga merasa betah berlama-lama di lokasi.

081369568357 (Mas Bayu)
@madu.and.friends

Desa Gedung Agung, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan.

Baca Juga  Menilik Bunker Peninggalan Jepang di Bandar Lampung: Bernilai Historis Namun Kurang Terawat
Daya tarik berupa olahraga, edukasi, dan wisata berkuda
Rekomendasi wisata keluarga dengan suasana alam sekitar
Pengenalan dan pembelajaran hewan kuda
Menyediakan jasa penitipan dan pembelian kuda

Colaborator

Penulis Artikel: M. Abid Rabbani

Editor: Ratih Purwaningsih

M. Abid Rabbani

M. Abid Rabbani

“ Pemuda yang menuju kemajuan dan kesuksesan ". Follow Instagram saya : @abid_rabbani28 (Galeri Travelling). Kepoin Wisata Provinsi Lampung di Youtube Channel : ABID TRAVELLER

Artikel menarik lainnya

Login Area

Selamat datang Kontributor Lampung Geh! Silakan Login untuk mulai menulis berita.