Inilah Daftar Perguruan Tinggi yang Ada di Kabupaten Pringsewu

 Inilah Daftar Perguruan Tinggi yang Ada di Kabupaten Pringsewu

Bagian depan gedung UMPRI | Foto : Agustina Suryati | Minggu, 30 Mei 2021

Pringsewu – Sudah kita ketahui, untuk jenjang pendidikan seperti PAUD-SMA tentu kini sudah banyak yang terfasilitasi di setiap daerah sehingga sudah mudah untuk diakses oleh para pelajar di seluruh wilayah. Tetapi untuk jenjang pendidikan tingkat perguruan tinggi masih jarang ada, sehingga lamenyebabkan para anak muda yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi harus pergi keluar daerah untuk mendapatkan pendidikan tersebut.

Tetapi jika dicari lagi sudah ada beberapa daerah yang memang sudah memiliki fasilitas jenjang pendidikan yang lengkap hingga ke perguruan tinggi, sehingga hal tersebut dapat mengurangi menumpuknya penduduk di daerah ibu kota. Biasanya daerah kabupaten yang memiliki fasilitas pendidikan yang lengkap disebut dengan Kota Pendidikan, dan salah satunya adalah Kabupaten Pringsewu yang sejak dulu sudah mengenyam sebutan itu. Maka tidak perlu bingung jika tinggal di daerah tersebut kemudian ingin melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA tetapi tidak mau jauh dari rumah. Berikut rangkuman daftar perguruan tinngi yang ada di Kabupaten Pringsewu :

1. STIMIK Pringsewu

STIMIK Pringsewu merupakan perguruan tinggi berbasis komputer pertama di Kabupaten Pringsewu, yaitu sejak 26 Desember 1995 di Jalan Wisma Rini No. 09 Pringsewu. Sudah berdiri sebagai Akademik Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK Starteck) Pringsewu dan mendapat SK.MENDIKBUD RI No. : 03/D/O/1995.

Kini perguruan tinggi tersebut merupakan kampus manajemen informatika dan komputer yang sudah terakreditasi “B” oleh BAN-PT dan memiliki Program studi unggulan Sistem Informasi (S1) & Manajemen Informatika (D3) yang terfokus untuk unggul dalam Tren Teknologi Informasi.

Website : https://stmikpringsewu.ac.id/

2. STIT Pringsewu

Di bawah naungan Yayasan Pendidikan Startech, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah atau STIT yang beralamat di Jalan Raya Wonokriyo, Kabupaten pringsewu, Lampung tersebut pada tanggal 06 Juli 2012 mulai diterbitkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, Nomor 866.

Kemudian pada saat ini, STIT membuka tiga program studi sarjana yaitu Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 316 Tahun 2015 tanggal 20 Januari 2015.

Baca Juga  4 Wisata Air Terjun di Bandar Lampung

Website : http://stitpringsewu.ac.id/

3. UAP (Universitas Aisyah Pringsewu)

Sebelumnya perguruan tinggi tersebut berdiri sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Aisyah pada tanggal 20 Agustus 2009. Namun, sejak 21 Mei 2019, Universitas Aisyah Pringsewu yang merupakan hasil penggabungan dari tiga perguruan tinggi, yaitu STIKES Aisyah Pringsewu, STT Aisyah dan Akbid Medica Bakti Nusantara (Akbid MBN) berdiri di Jalan. Jend. Ahmad Yani No.1, Tambahrejo, Gadingrejo, Pringsewu. Perguruan tinggi tersebut kini menyediakan jenjang pendidikan setara mulai dari D3, D4, S1. dan Profesi pada bidang-bidang program studi yang ada, yaitu pada Fakultas Kesehatan. Fakultas Teknologi dan Informatika, serta Fakuktas Sosial dan Bisnis.

Website : https://www.aisyahuniversity.ac.id/

4. AMIK DCC (Dian Cipta Cendikia) Pringsewu

Sejak sebelas tahun tahun yang lalu dari sekarang AMIK DCC Pringsewu sudah berdiri berkat ijin operasionalnya nomor : 110/D/O/2010 tertanggal 28 Juli 2010. Kampus tersebut saat ini berada di Jalan Jendral Ahmad Yani No. 134 Sidoarjo, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung.

Saat ini AMIK DCC memiliki dua program studi yaitu DIII-Manajemen Informatika (D3-MI) dan DIII-Teknik Komputer (D3-TK). Sebagai program studi vokasional dengan program pendidikan diploma tiga.

5. UMPRI (Universitas Muhamadiyah Pringsewu)

Universitas Muhamadiyah Pringsewu atau UMPRI menjadi daftar perguruan tinggi selanjutnya yang berdiri berkat penggabungan dari tiga Perguruan Tinggi Muhammadiyah, yaitu STKIP Muhammadiyah, STIE Muhammadiyah, dan STIKES Muhammadiyah. Sebelum itu ketiganya berdiri secara terpisah dan berkat diadakannya musyawarah antar ketiganya, terbitlah SK Kemristekdikti Nomor 654/KPT/I.2019 yang berisi penggabungan STKIP-STIE-STIKes Muhammadiyah Pringsewu Lampung menjadi Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung tanggal 29 Juli 2019, beralamat di Jalan. KH. Ahmad Dahlan 112 Pringsewu, Lampung.

UMPRI menyediakan program pendidikan dari D3, S1, hingga profesi pada masing-masing bidang studi yang tersedia di fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kesehatan, Fakultas Pertanian dan Sains, Fakultas Agama Islam.

Website : https://umpri.ac.id/

Demikian rangkuman beberapa Perguruan Tinggi yang ada di Pringsewu, jika ingin mengetahui info lebih detailnya bisa mengunjungi website masing-masing Perguruan Tinggi.

Colaborator

Penulis Artikel: Agustina Suryati

Editor: Ratih Purwaningsih

Agustina Suryati

Agustina Suryati

Artikel menarik lainnya

Leave a Comment

Login Area

Selamat datang Kontributor Lampung Geh! Silakan Login untuk mulai menulis berita.