Dipenuhi Aneka Takjil, Berikut Daftar Tempat Berburu Hidangan Berbuka Puasa di Bandar Lampung

 Dipenuhi Aneka Takjil, Berikut Daftar Tempat Berburu Hidangan Berbuka Puasa di Bandar Lampung

Bandar Lampung – Sesuai tradisinya, kegiatan ngabuburit biasanya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang khas dengan nuansa ramadhan yang hangat dan mencipta kebersamaan seperti mengikuti pesantren kilat, melakukan kegitan sosial, berkumpul bersama keluarga dan kerabat, dan salah satunya yang paling ditunggu adalah berburu hidangan takjil yang manis dan menyegarkan untuk persiapan buka puasa.

Sudah menjadi hal yang lumrah ketika melihat para pedagang kaki lima yang mulai dari sore hari berjajar rapi di pinggiran jalan, menjajakan berbagai ragam menu takjil atau berbuka puasa. Mulai dari minuman dingin, jajanan pasar, aneka gorengan, dessert, lauk pauk, dan berbagai hidangan khas ramadhan bisa ditemukan dengan mudah. Walaupun para pedagang takjil dapat dijumpai di beberapa pinggiran jalan kecil dan jalan raya, pembeli biasanya akan mencari suatu tempat yang sudah terlokalisasi agar memudahkan mereka untuk mendapatkan berbagai macam pilihan makanan hanya dalam satu tempat.

Di Bandar Lampung, terdapat beberapa lokasi yang menjadi tempat wisata kuliner ramadhan untuk mencari hidangan berbuka puasa. Berikut ini adalah tiga tempat terkenal di Bandar Lampung yang bisa dijadikan sebagai referensi.

1. Elephant Park atau Taman Gajah

Terlihat aktivitas lalu lintas yang ramai dipadati oleh kendaraan dan pengunjung di sekitar area Taman Gajah, Sabtu 01/05
Foto: Maisya Rifa

Terletak di tengah kota Bandar Lampung, Elephant Park atau akrab dikenal dengan Taman Gajah menjadi lokasi yang strategis bagi warga yang datang dari penjuru kota. Setiap tahun khususnya di bulan Ramadhan, tempat ini menjadi salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi terutama menjelang sore hari. Jajaran pedagang takjil bisa langsung terlihat dari depan muka Taman Gajah yang terus merapat sampai ujung Jalan Sriwijaya di pinggir GOR Saburai. Aneka jajanan kekinian dan juga hidangan-hidangan manis khas ramadhan dapat banyak ditemukan di lokasi ini. Selain berburu takjil, para pengunjung juga bisa bersantai sejenak di area taman terbuka dan melakukan kegiatan outdoor seperti berolahraga atau bermain dengan anak-anak dan keluarga di wahana yang telah disediakan.

2. Jalan Dr. Susilo, Teluk Betung

Melihat barisan pedagang takjil yang berjajar tanpa henti di pinggiran Jalan Dr. Susilo ini memungkinkan para pengendara yang lewat untuk merapatkan kendaraan dan membeli hidangan-hidangan yang menggiurkan mata. Tidak seperti dua tempat lainnya yang memang selalu ramai dengan pedagang kuliner, lokasi yang merupakan salah satu sentral bisnis dan pemerintahan di Bandar Lampung ini menjadi tempat kuliner dadakan di kala bulan ramadhan. Dimulai dari pukul dua sore, pedagang-pedagang takjil sudah mendirikan lapak dan menyajikan hidangannya masing-masing. Pengunjung yang ingin membeli sengaja harus memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan sehingga cukup menyibukkan arus lalu lintas. Jajaran kuliner Ramadhan ini bisa ditemui tepatnya dimulai dari depan Kantor Pemasaran Pusri sampai di depan Kantor Dinas Kesehatan Bandar Lampung.

Baca Juga  Daftar Wisata Air Terjun Andalan di Desa Datar Lebuay, Tanggamus

3. Jalan Teuku Cik Ditiro, Kemiling

Aneka lauk pauk menjadi salah satu menu terlaris yang selalu habis terjual di sepanjang Jalan Teuku Cik Ditiro, Kemiling, Minggu 02/05 Foto: Maisya Rifa

Bagi warga Kemiling dan sekitarnya, area ini sudah dikenal sebagai pusatnya jajanan kaki lima. Mulai dari camilan hingga makanan berat, yang bercita rasa lokal hingga kebarat-baratan semua tersedia di area ini. Di bulan Ramadhan, para pedagang takjil biasanya akan menggelar lapaknya masing-masing dari pukul 14.30 sore dan akan tutup setelah dagangan mereka habis terjual. Jajaran pedagang takjil ini mulai terlihat keberadaannya setelah melewati turunan flyover Kemiling tepatnya mulai dari area Pasar Tani hingga ujung pertigaan Jalan Teuku Cik Ditiro. Keramaian pengunjung yang datang di bulan Ramadhan semakin bertambah karena bukan hanya dikunjungi dari warga sekitar sehingga aktivitas lalu lintas pun semakin sore menjadi semakin padat.

Colaborator

Penulis Artikel: Maisyatusy Syarifah

Editor: Ratih Purwaningsih

Maisya Rifa

Maisya Rifa

Artikel menarik lainnya

Leave a Comment

Login Area

Selamat datang Kontributor Lampung Geh! Silakan Login untuk mulai menulis berita.