Daftar Wisata Air Terjun Andalan di Desa Datar Lebuay, Tanggamus

 Daftar Wisata Air Terjun Andalan di Desa Datar Lebuay, Tanggamus

Pesona Air Terjun Andalan di Desa Datar Lebuay | Foto : @atelinah, @dongkingki, @wawan._06

Tanggamus – Provinsi Lampung merupakan salah satu wilayah bagian Sumatra yang memiliki kekayaan akan wisata alamnya yang melimpah. Namun tak hanya hamparan pantai indah dan pulau-pulau kecilnya yang kini menjadi tujuan wisata para traveller dari berbagai daerah maupun mancanegara. Ternyata gerbang Sumatra ini juga menyimpan banyak harta karun berupa keindahan alam yang masih tersembunyi yakni berupa air terjun yang tersebar di banyak kabupaten di Provinsi Lampung. Salah satunya ada di Desa Datar Lebuay, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus. Dari pusat kota Bandar Lampung menghabiskan waktu sekitar 3 jam untuk bisa sampai ke lokasi. Desa ini menjelma menjadi spot unggulan wisata air terjun yang begitu indah dan memesona.

(1) Air Terjun Jarum | Foto : @abid_rabbani28 & @bangkithdn

1. Air Terjun Jarum

Air Terjun Jarum yang berarti menyerupai jarum karena bentuknya yang tidak terlalu tinggi dan airnya begitu deras. Dari pusat desa untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini membutuhkan waktu 10-25 menit saja, dan ini merupakan air terjun terdekat dari pusat desa dibandingkan air terjun lainnya.

Di lokasi ini pengunjung akan dibuat terpesona oleh keindahan yang ditawarkan, karena air terjun ini merupakan air terjun kembar. Namun yang membuatnya unik adalah keberadaanya yang kembar ini hanya dapat dinikmati ketika musim penghujan. Untuk fasilitas seperti kamar bilas, toilet dan lain sebagainya belum tersedia, baru tersedia tempat istirahat untuk pengunjung yaitu rumah pohon yang biasanya juga dijadikan spot foto dengan latar belakang air terjun.

Ada pun aktivitas lain selain menikmati air tejun dan bermain air. Pengunjung juga bisa memancing atau menangkap ikan di sini. Karena memang terdapat ikan di area air terjun ini dan ikannya cukup besar untuk disantap.

(2) Air Terjun Tirai | Foto : @roycryo5

2. Air Terjun Tirai

Dinamakan Air Terjun Tirai karena bentuknya yang tercurah air yang menyebar sehingga mirip tirai. Dari pusat desa untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini membutuhkan waktu 20-50 menit. Untuk pengelolaan air terjun di Desa Datar Lebuay, baru air terjun tirai ini lah yang sudah tersentuh pengelolaan dengan baik dengan hadirnya fasilitas dan lain sebagainya, sedangkan 3 air terjun lainnya masih alami.

Dengan debit air yang lumayan deras dan air yang tercurah menyebar menyerupai tirai ini tentu menghadirkan romantisme bagi pengunjung dan merasa betah berlama-lama di lokasi ini. Spot foto andalan di lokasi air terjun ini tak lain dan tak bukan jembatan gantung, karena disitu lah pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang dua aliran air terjun. Di sini juga sudah tersedia seperti area parkir kendaraan, camping ground, tolilet atau kamar bilas, pondokan dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Lebih Dekat dengan Menara Siger, Titik 0 Km Pulau Sumatera
(3) Air Terjun Queen | Foto : @fovi_vian

3. Air Terjun Queen

Keindahan Air Terjun Queen ini tidak usah diragukan lagi, alirannya begitu deras dengan 2 tingkatan air dan ditambah adanya kolam air di bawahnya akan membuat pengunjung merasa betah di sini. Ketinggian air terjun ini sekitar 50 meter. Tepat lokasinya ada di Dusun Talang Rambang, Desa Datar Lebuay dan air terjun ini adalah berada di aliran Way Sekampung Kuning. Estimasi waktu dari pusat desa ke lokasi sekitar 30-60 menit. Selain menikmati air terjun, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan lain seperti bermain air di kolam, fun games, dan lainnya. Di sekitar air terjun banyak tumbuh bunga yang cantik dan unik serta ada beberapa spot foto andalan juga di sana seperti jembatan gantung.

(4) Air Terjun King Kukusan | Foto : @roneto_91

4. Air Terjun Kukusan

Air Terjun Kukusan memiliki nilai keindahan tersendiri dimana air terjun ini jatuh yang berada di sela-sela bebatuan yang penuh dengan lumut dan rumput liar ini masih alami dan belum terjamah oleh masyarakat. Air jatuh dengan cukup tinggi serta debit airnya yang begitu deras memiliki nilai ketakjuban tersendiri di Air Terjun Kukusan. Estimasi waktu dari pusat desa ke lokasi sekitar 1-2 jam, karena akses jalan masih tanah merah dan medan yang lumayan sulit lantaran di pedalaman hutan.

Tak heran banyak pengunjung tertarik untuk mengunjunginya apalagi wisatawan yang suka dengan adventure lokasi air terjun ini sudah paling tepat. Di sini pengunjung akan merasa seperti menemukan surga, butuh perjuangan dan tenaga ekstra untuk bisa ke lokasi. Di sekitar air terjun ini terdapat batu yang begitu besar, pengunjung pun bisa mengabadikan foto di atas batu ini dengan berhati-hati karena batu ini licin dan berlumut, view yang dihadirkan sangat luar biasa dengan kenampakan latar belakang Air Terjun King Kukusan yang sangat indah.

082269687317 (Wawan/Pemandu Wisata)

Desa Datar Lebuay, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus.

Terdapat banyak wisata air terjun untuk bisa dieksplor di desa ini.
Rekomendasi tempat fun camp dengan suasana yang berbeda yaitu di air terjun.
Cocok bagi pecinta adventure.
Tersedianya pemandu wisata.

Colaborator

Penulis Artikel: M Abid Rabbani

Editor: M Adita Putra

M. Abid Rabbani

M. Abid Rabbani

“ Pemuda yang menuju kemajuan dan kesuksesan ". Follow Instagram saya : @abid_rabbani28 (Galeri Travelling). Kepoin Wisata Provinsi Lampung di Youtube Channel : ABID TRAVELLER

Artikel menarik lainnya

Leave a Comment

Login Area

Selamat datang Kontributor Lampung Geh! Silakan Login untuk mulai menulis berita.